Sunday, July 28, 2013

7 Makanan Khas ini Hanya Ditemukan saat Bulan Puasa Saja



[imagetag]


Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para umat muslim dunia. Dimana bulan ini adalah bulan spesial yang mana umat muslim melaksanakan berpuasa selama 1 bulan penuh. Di bulan yang suci ini



umat muslim akan berbondong-bondong untuk melakukan semua amalan baik yang dimana mereka berharap akan mendapatkan pahala yang berlipat dan diampuni segala dosanya. Di bulan Ramadhan ini tidak hanya mengenai puasa lho. Dimana ada orang berpuasa, pasti saat sore dan menjelang maghrib banyak yang menjajakan jajanan atau menu untuk berbuka puasa.

Nah disini juga merupakan salah satu keunikan bulan Ramadhan di Indonesia. Banyak makanan atau jajanan khas yang hanya muncul disaat bulan Ramadhan. Sebut saja kicak, yang merupakan makanan khas dari Yogyakarta dimana makanan ini baru muncul saat bulan Ramadhan saja dan yang menjual pun hanya



ada di Pasar Sore Ramadan Kampung Kauman Kota Yogyakarta. Karena Indonesia memilki kebudayaan yang beragam, maka makanan khas yang dijual di beberapa daerah pastinya juga berbeda Yuk kita lihat makanan-makanan khas yang hanya dijumpai dalam bulan Ramadhan. Berikut7 Makanan Khas ini Hanya Ditemukan saat Bulan Puasa Saja Seperti dikutip merdeka:

1. Jongkong , Medan



[imagetag]


[lihat.co.id] Panganan unik ini berasal dari Provinsi Sumatera Utara, lebih tepatnya berada di Kota Medan. Untuk Anda yang masih belum mengetahui panganan ini. Makanan ini merupakan makanan yang paling sering dicari saat berbuka puasa. Biasanya dijadikan menu tajil di daerah sana. Bentuknya yang lembut serta rasanya yang manis, membuat makanan ini banyak dijajakan saat berbuka puasa.

Jongkong ini terbuat dari tepung beras yang dicampur air, lalu dimasak sambil terus diaduk hingga mengental. Saat dimasak, adonan tepung beras ini dimasukan daun pandan untuk membuat adonan ini menjadi warna hijau dan memiliki aroma khas daun pandan. Setelah matang, jongkong didiamkan hingga dingin dan mengental. Saat sudah dinging, jongkong akan dimasukkan kedalam daun pisang serta diberi tambahan pelengkap seperti santan, parutan kelapa mdah, gula merah, dan gula pasir. Jika semua sudah dimasukkan,



jongkong lalu dimasak kembali dengan ara di kukus. Baru Anda bisa mencicipi jongkong yang manis ini. Saat memasak, daun pandan turut dimasukkan untuk memberikan warna hijau dan aroma wangi pada jongkong.

Setelah matang, jongkong dibiarkan hingga dingin dan mengental, lalu dimasukkan ke dalam daun pisang dan diberi santan, parutan kelapa muda, gula merah, dan sedikit gula pasir. Setelah bahan dimasukkan semua jongkong dimasak kembali dengan cara dikukus. Setelah itu, jongkong siap disantap.

2. Pakat, Tapanuli



[imagetag]


[lihat.co.id] Nama makanan ini tentu sangat asing bagi yang belum pernah mendapati makan ini. Makanan ini merupakan makan khaas dari masyarakat Tapanuli

Biasanya panganan ini hanya bisa anda temukan di bulan Ramadhan saja, dan dijadikan sebagai makanan berbuka puasa. Untuk mendapati makanan ini, Anda bisa datang ke kota Medan saat bulan puasa.

Pakat ini berasal dari rotan muda, rotan-rotan muda yang telah dipotong berukuran 1 meter ini dibakar diatas tungku selama 1 jam. Setelah rotan muda ini masak, rotan ini dikupas dan diambil bagian dalamanya yang berwarna putih.

Setelah itu kemudian daging ini dipotong-potong sebesar 5cm. Untuk menambah kenikmatan, rotan muda kemudian dibubuhi dengan santan kelapa serundeng

3. Kicak, Yogyakarta



[imagetag]


[lihat.co.id] Untuk Anda yang mendatangi Jogja saat bulan puasa, wajiblah untuk mencicipi panganan berbuka yang satu ini. Kicak ini terbuat dari beras ketan yang diberi campuran paritan kelapa dan potongan buah nangka.



Yang menjadikan makanan ini cocok dijadikan menu buka puasa karena makan ini memiliki rasa gurih dan manis.

Untuk bisa menemukan makanan ini, Anda haruslah datang ke Yogyakarta disaat bulan Ramadhan. Dan tempat yang menjajakanya pun cuma satu yaitu di daerah kauman, Yogyakarta.

4. Bongko Kopyor, Gresik



[imagetag]


[lihat.co.id] Hidangan berbuka khas Gresik ini bernama Bangka Kopyor, nama panjang dari makanan ini adalah bubur nangka dan kelapa kopyor. Menu ini memiliki bahan dasar dari tepung terigu, pisang, buah kelapa, santan kelapa,

buah nangka, dan roti tawar. Selain rasanya yang lezat, hidangan yang dibungkus daun pisang ini dipercaya berkhasiat memulihkan stamina tubuh, setelah seharian menahan diri dari lapar dan dahaga karena rasanya manis,

legit dan segar. Bongko Kopyor hingga kini masih menjadi menu spesial yang biasanya hanya ada di bulan Ramadhan. Khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah Manyar atau wilayah pesisir pantai.

5. Kue Bingka, Banjarmasin



[imagetag]


[lihat.co.id] Anda yang belum pernah ke Banjarmasin dan mencicipi panganan yang biasanya laris manis dijual di bulan Ramadan yaitu kue Bingka. Kue ini merupakan kue dari ciri khas suku banjar di kalimantan.



Kue ini biasa dibuat dalam bentuk bunga berkelopak enam. Bentuk yang menarik ini biasanya segera menarik perhatian calon pembeli. Di daerah asalnya, Suku Banjar biasa menyantap kue ini sebagai hidangan berbuka puasa.

Rasa dari kue ini lebih dominan ke rasa manis. Untuk varian toping, kue ini memiliki macam-macam toping, contoh saja nangka, pisang, coklat, keju dan lain-lain. Bahan utama dari pembuatan kue Bingka ini adalah tepung terigu, santan, gula pasir, dan garam



6. Sotong Pangkong,Pontianak



[imagetag]


[lihat.co.id] Sudah bisa terlihat dari namanya, Sotong. Makanan khas bulan puasa di kota Pontianak ini merupakan berbahan dasar cumi-cumi. Untuk dijadikan makanan yang bernama Sotong pakong ini, cumi-cumi



yang menjadi bahan dasar dari makanan ini di keringkan lalu kemudian dibakar. Setelah dibakar, cumi ini lali dipukul-pukul menggunakan palu. Nah inilah yang menjadikan makan ini unik, karena ada prosesi memalu cumi yang membuat cumi ini menjadi gepeng atau tipis. Untuk rasa, sotong ini memiliki rasa yang gurih.

Mau cari sotong pakong Anda hanya bisa menemukannya di sepanjang Jalan Merdeka  kota Pontianak. Ingat, harus dibulan puasa ya. Karena jika Anda datang dibulan lain, bisa dipastikan Anda kan gigit jari karena tidak menemukan makanan ini.

7. Pisang Ijo, Makassar

tkpgila[dot]blogspot[dot]com

[imagetag]


[lihat.co.id] Makanan yang satu ini bisa dibilang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Ya, pisang Ijo ini bisa dibilang sudah terkenal karena bisa ditemukan dimana-mana. Es Pisang ijo ini merupakan makanan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Dinamakan pisang ijo karena, pisang ini dilapisi dengan lembaran dadar yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi pewarna hijau dari air daun suji atau pandan.

Cara membuat Pisang Ijo tergolong mudah. Pisang yang sudah dibungkus dadar hijau diiris tipis-tipis, lalu diberi tambahan bubur sum-sum,

Es serut, kuah santan, dan sirup coco pandan atau frambozen. Sensasi dingin es serut dan perpaduan rasa gurih dan manis Pisang Ijo akan melepas dahaga kita usai berpuasa sehari penuh.

Postingan menarik lainnya

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Post a Comment