Tuesday, July 16, 2013

10 Aksi Polantas menolong Para Pengguna Jalan



[imagetag]


Secara mendasar tugas dari aparat kepolisian lalau lintas (Polantas) di jalan raya adalah memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan. Dalam pandangan umum polantas, keberadaanya banyak dianggap negatif. Namun perlu dicermati bahwa yang demikian adalah tindakan para oknum polantas yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya berpatroli polantas juga membantu setiap warga pengguna jalan yang mengalami kesulitan. Sebab hal itu sudah menjadi tugas pokok petugas keamanan ini. Adapun bunyi tugas pokok tersebut yakni "polantas di jalan raya mengemban fungsi preemtif, preventif dan represif dalam pelaksanaan tugas pokok kepolisian yaitu menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas, menegakkan hukum dan melayani serta mengayomi masyarakat khususnya di jalan raya".

Berikut beberapa aksi kebaikan para aparat polantas yang terkam dalam kamera dan tersebar dalam dunia maya,dikutip dari Bolanet:



1. Pedagang Kerupuk



[imagetag]


[lihat.co.id] Aparat ini membantu mengangkat keranjang pedagang kerupuk dalam menyebrang jalan melewati marga jalan yang berbentuk agak tinggi. Meski berbahan ringan, namun secara bentuk cukup besar membuat setiap mata yang melihat aksi polantas satu ini, memberikan apresiasi kagum.



2. Ontel



[imagetag]


[lihat.co.id] Ketika anak kecil ini mengalami masalah dengan sepeda ontelnya, para polantas ini membantu untuk memperbaiki. Hal seperti ini pastinya banyak diharapkan oleh setiap pengguna jalan dalam mengalami kesulitan.



3. Menyebrang



[imagetag]


[lihat.co.id] Ketika mendampingi orang jompo dalam menyebrang jalan raya akan terasa sukar sebab kepadatan lalu lintas dan laju orang jompo tidak bisa dipaksa cekatan meski menggunakan kursi roda. Polantas ini  membatu menyebrangkan orang jompo dan orang yang mendampingi.



4. Motor Mogok



[imagetag]


[lihat.co.id] Menggunakan kaki kiri, sebuah motor Mio didorong oleh polantas ini, untuk membantu agar motor yang mogok bisa melaju sambil dikendarai.



5. Dorong Mobil



[imagetag]


[lihat.co.id] Dua aparat ini mendorong mobil, hal ini sebagai bentuk tugas pokok polantas dalam menjaga lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.



6. Tunjukkan Arah



[imagetag]


[lihat.co.id] Ketika tidak mengetahui alamat atau salah arah dalam perjalan, polantas bisa sebagai rujukan dalam bertanya. Petugas pasti akan menunjukan arah dan alamat yang benar.



7. Bagikan Bunga



[imagetag]


[lihat.co.id] Memberikan bunga dan selebaran kepada pengguna jalan sebagai bentuk kepedulian agar pengguna jalan tertib dalam berlalu lintas, untuk menciptakan kenyamanan dalam berkendara.



8. Dongkrak



[imagetag]


[lihat.co.id] Polantas ini membatu pengguna jalan yang mobilnya mengalami kerusakan pada ban. Aparat ini pun rela membantu mendongkrak mobil.



9. Atur Lalin



[imagetag]


[lihat.co.id] Mengatur lalu lintas memang sudah menjadi tugas pokok polantas, hal ini untuk memberikan kelancaran lalu lintas.



10. Amankan Kecelakaan

tkpgila[dot]blogspot[dot]com

[imagetag]


[lihat.co.id] Ketika terjadi kecelakaan maka polantas mempunyai tugas penting dalam mengamankan lokasi kejadian dan mengatur arus lalu lintas.

Postingan menarik lainnya

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Post a Comment