Thursday, September 26, 2013

Pikiran Fresh Dengan Istirahat Siang

tkpgila[dot]blogspot[dot]com

[imagetag]

Karena ingin mengejar tenggat pekerjaan dan tak punya waktu, banyak karyawan yang melewatkan makan siang. Padahal, membiarkan perut kosong seharian bisa mengganggu performa kerja dan mengundang banyak penyakit.

Satu dari empat karyawan di Inggris terbiasa bekerja seharian tanpa jeda makan siang. Demikian menurut sebuah survei. Kondisi tersebut sebenarnya dialami hampir semua pekerja, terutama yang selalu beralasan sibuk.

Jadwal makan yang tidak teratur ditambah pola makan yang tidak sehat akan membuat tubuh kelebihan kalori, tetapi kekurangan zat gizi esensial. Apalagi bila kita terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji atau menu kaki lima yang tak dijamin kebersihannya. Bila dibiarkan, dalam jangka panjang hal ini tentu berpengaruh bagi kesehatan.

Risiko kesehatan akibat selalu menunda makan siang memang cukup besar, tetapi hal ini bisa diminimalkan dengan variasi makanan yang bergizi. Agar lebih sehat, jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah sebagai serat.

Selain mengisi perut, waktu jeda istirahat sebenarnya juga berfungsi untuk memulihkan energi dan memberi kesempatan tubuh untuk melakukan relaksasi sejenak. Manfaatkan waktu istirahat siang untuk sejenak lepas dari kesibukan kerja.

Berjalan-jalan di taman di sekitar perkantoran efektif untuk melemaskan otot. Berada dalam posisi statis dalam waktu yang lama bisa menyebabkan berbagai keluhan fisik dan gangguan otot kronik, seperti sakit punggung.

994932


Postingan menarik lainnya

SHARE THIS POST:
FB Share Twitter Share

0 comments:

Post a Comment